Cara Flashing Menggunakan QFIL atau QPST Tool Android Chipset Qualcomm

Cara Flashing Menggunakan QFIL atau QPST Tool Android Chipset Qualcomm

  • 2 min read
  • Mar 01, 2019
Sebelum melakukan flashing, Sebaiknya anda coba dulu melakukan Hard Reset dimenu recovery, Terkadang dengan melakukan Hard Reset smartphone yang mengalami masalah pada system, Salah satunya Bootloop akan bisa dipulihkan kembali, Jika setelah melakukan Hard Reset tidak membawa hasil yaitu masih mengalami masalah yang anda alami, Silahkan anda melakukan flash ulang.
Untuk melakukan flashing tentunya anda harus memiliki bahan-bahan untuk proses flashing, yaitu sebuah Software QPST (QFIL) Tool, Qualcomm USB Driver, dan sebuah Firmware yang harus sesuai dengan tipe smartphone anda. Bahan-bahan tersebut sudah saya sediakan dibawah ini yang dapat anda Download secara langsung. Silahkan anda ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Siapkan bahan-bahan dibawah ini sebelum melakukan flashing

  1. QPST (QFIL) TOOL
  2. Qualcomm USB DRIVER
  3. Firmware (cari diblog Userdroid.com atau di Google)

Langkah-langkah flashing menggunakan QFIL

    • Ekstrak semua bahan yang telah di download
    • Install USB Driver Lenovo dan QPST di PC/Laptop
    • Matikan smartphone (Diamkan lebih kurang sekitar enam detik untuk memastikan smartphone dalam keadaan mati)
    • Sekarang hubungkan ke PC menggunakan Kabel USB sambil menekan tombol VOLUME UP, (smartphone dalam keadaan mati).
    • kalau masih belum terdeteksi “Qualcomm HS-USB QDLoader 9008” coba hubungkan ke PC sambil menekan tombol VOLUME UP + VOLUME DOWN. Pastikan Driver Spreadtrum sudah terinstal di PC dengan benar, dan Gunakan kabel USB yang Original atau masih dalam kondisi bagus, dan apabila proses flashing tidak berjalan silahkan hubungkan smartphone anda ke PC dengan Port yang berbeda.

    • Selanjutnya jalankan “QFIL” yang ada di “All apps” lalu cari QPST yang telah di install tadi (Sesuai dengan versi windows anda) 
    • Setelah QFIL terbuka pastikan smartphone terdeteksi PC dengan keluar tulisan “Qualcomm HS-USB QDLoader 9008” di tools QFIL, kalau sudah ada tulisan tersebut sekarang klik Browse lalu cari file prog_emmc_firehose_8916.mbn yang ada di folder hasil ekstrak fimware, kemudian klik Open 
    • Setelah klik Open di file tersebut akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, sekarang klik “Load XML” dan akan muncul “rawprogram_unsparse” klik Open di file tersebut kemudian akan muncul lagi file “patch0.xml” klik lagi Open 
    • Sekarang klik Download di tools QFIL dan proses flashing akan berjalan tunggu sampai selesai
    • Apabila proses smartphone sudah selesai akan booting secara otomatis (Ingat setelah melakukan flashing Booting pertama memang agak lama)
      Note :
      Tutorial diatas hanya sebagai contoh cara flashing saja.

      Sekian tutorial Cara Flashing Menggunakan QFIL atau QPST Tool Android Chipset Qualcomm, Semoga bisa membantu anda yang ingin melakukan flashing pada smartphone anda. Yang berguna untuk memulihkan masalah pada System android seperti Bootloop, System aplikasi error, Data seluler tidak bisa diaktifkan, Aplikasi berhenti, Hang, Lemot, dan juga beberapa masalah lainya.